Tips Memilih Cincin Nikah-  Memilih cincin nikah atau cincin tunangan yang berdesain indah dan nyaman dipakai serta selalu ‘in’ untuk segala masa ternyata butuh kiat tersendiri. Tidak diragukan lagi bahwa cincin kawin merupakan bagian sangat penting sekaligus bagi setiap calon pengantin. Peran cincin ini tidak hanyak sebagai simbol ikatan cinta saja, tetapi juga akan menjadi bukti sejarah perjalanan cinta kamu dan pasangan. Tak berlebihan jika kemudian kamu dan pasangan rela mondar-mandir, keluar masuk berbagai toko perhiasan sebelum akhirnya menemukan pilihan yang sesuai.
Cincin telah mulai digunakan sebagai simbol ikatan cinta abadi sejak masa pemerintahan para Firaun di Mesir. Cincin kawin juga telah mengalami berbagai inovasi yang luar biasa. Bentuknya yang semula hanya berupa lingkaran bulat sederhana, kini telah dipercantik dengan berbagai hiasan seperti ukiran nama atau symbol tertentu, motif ataupun batu permata. Material yang digunakan pun kini semakin variatif seperti emas kuning, emas putih (platinum), titanium, rhodium, perak dan masih banyak lagi lainnya.
Nah, buat kamu yang saat ini telah berencana untuk mencari cincin pernikahan atau cincin tunangan, berikut ini adalah beberapa tips hal-hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan. Check this out!
Do
1. Persempit pilihan
Mengingat ada banyak sekali pilihan model dan jenis cincin yang ada saat ini, maka sangat perl u untuk kamu mempersempit pilihan. Buatlah daftar pertanyaan untuk kamu dan pasangan mengenai cincin sebelum melihat-lihat koleksi yang tersedia. Kamu bisa memulai dengan pertanyaan seperti jenis logam yang diinginkan, model dan harga.
2. Tentukan budget
Budgeting adalah bagian yang sangat penting untuk dipertimbangkan dalam memilih cincin pernikahan. Siapkan setidaknya 3-5% dari budget pernikahan untuk cincin pernikahan.
3. Mulai pencarian kamu lebih awal
Ketika kamu sudah memiliki gambaran seperti apa cincin yang diinginkan, selanjutnya mulailah untuk melakukan pencarian. Luangkan waktu paling tidak dua atau tiga bulan sebelum tanggal pernikahan kamu untuk mencari, membandingkan harga dan melihat kembali koleksi cincin yang menarik perhatian kamu dan pasangan. Ini akan membantu kamu untuk bisa menemukan cincin yang benar-benar sesuai keinginan dan sesuai budget tanpa harus khawatir karena merasa dikejar waktu.
Ini juga penting terutama jika kamu ingin melakukan pemesanan cincin kawin custom design dimana untuk proses pengerjaannya ini tentu saja akan membutuhkan waktu tersendiri yang lebih lama dibandingkan saat kamu membeli model cincin yang telah tersedia di toko-toko perhiasan.
4. Jangan terburu-buru ketika memilih
Mungkin kamu tertarik dan ingin membeli tipe cincin tertentu, tapi sebaiknya kamu juga tidak terburu-buru bahkan meski telahmenemukan jenis yang diinginkan. karena kamu juga butuh untukmembandingkan dan mengenali dengan baik bagaimana detail dan kualtias dari cincin tersebut.
5. Berpikir jangka panjang
Memilih model dan jenis cincin yang bagus adalah penting. Tapi kamu juga harus memikirkan untuk jangka panjang. Kamu perlu untuk memastikan bahwa cincin nikah pilihan kamu dan pasangan dapat dipakai hingga berpuluh-puluh tahun kemudian, tetap nyaman dan sesuai untuk segala jenis kegiatan dan tentu saja mudah perawatannya.
6. Tentukan ukuran dengan tepat
Pemakaian cincin kawin cenderung terus-menerus. Jadi sebisa mungkin pilihlah waktu final fitting ketika kamu dalam keadaan tenang dan suhu tubuh normal. Ini berarti kamu tidak dapat melakukannya di pagi hari, atau setelah berolahraga dan saat suhu tubuh sedang panas atau kedinginan.
7. Periksa kualitas
Ini nih yang tidak kalah penting, perika kembali kualtias cincin yang akan kamu beli. Pastikan bahwa cincin tersebut sudah sesuai dengan ekspektasi kamu. Cincin juga harus memiliki stabilitas yang tinggi sehingga tidak mudah rusak saat dikenakan. Jadi sebelum memutuskan untuk membelinya, sekali lagi kamu harus memastikan bahwa cincin tersebut adalah cincin yang tepat dan berkualitas.
Don’t
1. Membeli cincin mendekati hari H
Kesalahan pertama yang sering dilakukan beberapa pasangan dalam membeli cincin pernikahan yaitu melakukan pembelian ketika sudah mendekati hari H. dengan alasan sibuk dan tidak memiliki waktu, mereka kemudian terus menunda waktu berburu cincin sampai tidak disadari kemudian hari pernikahan sudah menjelang.
Membeli cinicn pernikahan mendekati hari H akan membuat kamu merasa panic dan tergesa-gesa sehingga dampaknya kamu tidak bisa leluasa dalam memilih. kondisi ini tentu saka akan memberikan peluang lebih besar untuk kamu mendapatkan pilihan cincin yang salah, baik dalam pemilihan model, jenis cincin, ukuran, material atau lainnya.
2. Tidak sesuai dengan anggaran
Memang cincin pernikahan itu adalah salah satu benda bersejarah dan penting dalam kehidupan seseirang. Tapi bukan berarti kamu harus mengalokasikan biaya besar untuk membeli cincin ini. apalagi jika sampai alokasi yang terlalu besar ini membebani anggaran pesta pernikahan kamu. Jasi dalam memilih dan membeli cincin pernikahan pastikan kamu membelinya sesuai dengan kapasitas budget yang dimiliki. agar tidak timbul permasalahan di kemudian hari.
Tidak perlu khawatir, meskipun dengan budget yang pas-pasan kamu juga masih bisa mendapatkan cincin yang bagus dan berkualtias.
3. Memilih cincin berdasarkan trend saat itu
Ini juga tidak boleh dilakukan, karena trend dalam fashion itu sangat dinamis dan cenderung akan terus berubah seiring berjalannya waktu, demikian juga trend dalam dunia perhiasan. jadi sebaiknya hindari memilih cincin dengan mengikuti trend atau model cincin yang sedang hits saat ini. akan lebih baik jika kamu memilih model dan jenis cincin yang abadi dan tidak lekang oleh waktu, sehingga memungkinkan cincin untuk tetap bisa digunakan hingga kapanpun dan dalam kesempatan apapun.
4. Terlalu banyak menarik perhatian orang
Cincin pernikahan memang digunakan untuk tujuan eksistensi hubungan pernikahan, tapi ini bukan berarti kamu harus memilih jenis cincin pernikahan yang mencolok dan menarik perhatian. sebaiknya pilihlah model cincin yang tetap nyaman dan tidak menarik perhatian, karena yang demikian justru akan terlihat norak. Selain itu, model cincin yang mencolok ini juga cenderung tidak cocok untuk digunakan di berbagai kesempatan. Ini artinya kamu tidak bisa secara terus menerus menggunakan cincin pernikahan dengan model yang mencolok, tetapi harus menyeduaikannya dengan tempat dan tujuan penggunaan cincin.
5. Tidak sesuai dengan pekerjaan
Jangan sampai cincin kawin yang ingin kamu miliki mengganggu aktivitas. Jadi sebaiknya sesuakan dengan kebiasaan yang kamu jalani.
6. Cincin kembar
Kebanyakan pasangan yang mengira bahwa cincin pernikahan itu harus memiliki model yang sama. Padahal ini tidak benar, kenapa karena wanita dan pria itu berbeda, demikian juga dengna kebutuhan aksesoris dan fashion mereka. Kadang sebuah cincin bisa sangat cocok jika dikenakan oleh seorang wanita, namun akan terlalu feminim jika digunakan pasangan pria, demikian juga sebaliknya. Jadi sebaiknya kamu dan pasangan lebih berfokus pada cincin dengan yang identik bukan sama persis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s